Lulusan Doktor ke 229
18 Juni 2021
  • 3822

Lulusan Doktor ke 229

Tgl 17 Juni 2021 Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas 17 Agustus 1945 Surabaya kembali meluluskan seorang doctor ke 229. Kali ini lulus doctor adalah seorang wanita Tjatur Ermitajani Judi. Jabatan saat ini adalah Direktur PT. ANUGRAH EFRATA JAYA ABADI (Consulting And Empowerment,  Spices Trading Exporter);  dan Direktur PT TIGA SEKAWAN ABADI (Supplier Supermarket and Trading).

Diuji dihadapan Tim Penguji dibawah pimpinan Rektor Untag Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM, CMA, CPA, promovenda mempertahankan disertasi dengan judul : KOMUNIKASI ORGANISASI COOPERATIVE TRADING HOUSE (CTH) (Kajian praktik Organisasi Keputusan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur No. 903/16029/108.3/2015).

Dibawah Promotor Prof. Dr. Burhan Bungin, MS dan Prof. Dr. V. Rudy Handoko, MS promovenda dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Berikut abstraksi disertasi promovenda:

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami status quo. Cooperative Trading House (CTH) terlahir dari proses daur ulang pola pikir para pemberdaya UMKM. CTH beroperasi dalam dinamika lingkungan pasar yang mudah berubah, penuh tantangan, pergolakan persaingan, ketidakpastian dan sulit diprediksi. CTH menanggung beban harapan sukses pemberdayaan UMKM. Bagaimana praktik organisasi CTH untuk sukses pemberdayaan UMKM? Organisasi hybrid CTH menghadapi tantangan pilihan birokrasi tradisional atau profesional. Bagaimana CTH di bawah payung Dinas berkembang menjadi organisasi profesional mandiri? CTH tampak unik dengan arus lalu lintas komunikasi yang sangat padat. Bagaimana komunikasi CTH berkembang efektif mengintegrasi kepentingan bisnis UMKM? Penelitian menggunakan teori adhokrasi–organisasi organis dan teori Communicative Constitution of Organizations (CCO), dan pendekatan kualitatif dengan paradigma fenomenologis. Data-data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Penelitian melibatkan 17 partisipan yang dipilih secara emik. Analisis data fenomenologis dimulai dengan epoché, reduksi fenomenologis, variasi imajinatif dan esensi. Hasil penelitian menunjukkan praktik organisasi CTH untuk sukses UMKM fokus pada komunikasi pemasaran melalui pameran dan promosi, pemberdayaan melalui pelatihan, pendampingan, pengembangan, akses permodalan, reposisi produk, media on-line dan pelibatan konsultan, pendamping dan trainer. CTH berkembang dalam konfigurasi organisasi adhokrasi–organis untuk bertahan sebagai organisasi hybrid profesional dan mandiri. Komunikasi efektif CTH dikonstruksi oleh dominasi komunikasi bisnis lateral antar UMKM. Komunikan memaknai komunikasi terbuka dengan etika kepercayaan; tujuan bersama; semangat persaudaraan dan gotong-royong, hidup dan saling menghidupi, memotivasi dan menginspirasi; multi peran bisnis sebagai pemasok, pembeli, dan perantara. Komunikasi organisasi menciptakan keluarga besar CTH.

back top